Tuesday, November 10, 2009

Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Koneksi Jaringan

Tindakan yang di lakukan setelah konfigurasi system selesai dapat di lakukan tindakan akhir yakni :
1. Pemeriksaan ulang konfigurasi jaringan
2. Pengujian onektifitas jaringan
3. Pembuatan laporan hasil perbaikan pekerjaan yang telah dilakukan
Tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah konektifitas yang telah dilakukan berhasil dapat dilakukan dengan cara :
1. Memeriksa pemasangan kartu jaringan (LAN Card) dengan apakah telah terpasang dengan baik atau tidak
2. Memeriksa pemasangan konektor kabel pada hub/swicth atau konektor lain tidak mengalami short atau open
3. Pemasangan konektor tidak longgar
4. Setting dan konfigurasi kartu jaringan secara software telah benar sesuai dengan ketentuan jaringan sebelumnya baik dari installasi driver kartu jaringan, konfigurasi IP Address,subnet mask dan Workgroup yang digunakan.
Pengujian merupakan tindakan untuk mengetahui kerja system jaringan yang telah kita perbaiki apakah sudah dapat mengenal komputer client lain dalam jaringan.Pengujian dapat dilakukan dengan berbagai cara.Cara pengujian IP Address dapat dilakukan dengan mudah dan memberikan informasi yang lengkap karena didalamnya memberikan informasi tentang jenis kartu jaringan yang digunakan, IP Address,Subnet mask dan kecepatan akses perbayte serta informasi yang hilang (lost) dalam pengiriman data.
Pembuatan laporan merupakan tindakan memberikan informasi tentang hal-hal yang telah dilakukan dalam perbaikan konektifitas jaringan.Laporan yang diberikan harus mencakup seluryh jaringan dan system jaringan yang dilakukan perbaikan.Hal ini untuk mempermudah pemeriksaan dan perawatan selanjutnya.

sumber:modul tkj

No comments:

Post a Comment

Biodata Orang WARAS!!

bagi yang waras harap klik DISINI